Friday, April 12, 2013

Lomba Menulis Esai “Peranan Mahasiswa dalam Mengatasi Permasalahan Bangsa”

Mahasiswa dituntut untuk selalu memberikan wacana pembaharuan bagi bangsa dan negara di masadepan.Mahasiswa juga diharapkan dapat berkreasi dan berinovasi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.Olehsebab fungsi tugas itu, mahasiswa dipandang sebagai kaum intelektual muda yang mampu memberi solusi yang segar dan berdampak besar bagi kemajuan perkembangan suatu bangsa.
Namun realita yang terjadi, amat memprihatinkan kita semua.Label intelektual yang sempat tersemat, kini berganti dengan label anarkis radikal.Maraknya perilaku anarkis ini tercermin dalam setiap penyampaian visi aksi sebagian besar aktivis mahasiswa.Keadaan ini diperparah dengan kondisi mahasiswa yang pragmatis terhadap politik praktis, sehingga jauh dari nilai-nilai idealis seorang aktivis.Hal tersebut menjadikan mayoritas mahasiswa kini menjadi individualis dan apatis terkait berbagai macam permasalahan yang ada disekitarnya.
Situasi ini mendorong Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) HMI Cabang Depok untuk menyelenggarakan sebuah sayembara penulisan esai. Dengan tema: “Membumikan Intelektual Mahasiswa: Peranan Mahasiswa dalam Mengatasi Permasalahan Bangsa”
Persyaratan dan Mekanisme Penilaian
Esai diketik sepanjang 800 -1.500 kata.
Esai diketik di atas kertas A4 dengan huruf Times New Roman 12 pts, justified, margin normal,spasi 1,5.
Esai diketik dalam Bahasa Indonesia, berdasarkan kaidah tata bahasa dan tidak mengandung unsur SARA atau bersifat provokatif negatif.
Naskah harus asli buatan sendiri, bukan saduran atau jiplakan dan belum pernah dipublikasikan di media massa maupun online. Konsekuensi atas terjadinya hal ini adalah akan didiskualifikasi.
Satu peserta hanya diperkenankan untuk mengirimkan satu naskah.
Esai yang masuk menjadi hak terbit Panitia sayembara penulisan esai dan berhak untuk mempublikasikannya. Hak cipta tetap pada penulis.
Peserta diwajibkan menulis biodata singkat maksimal 100 kata diakhir tulisan esai.
Peserta yang  mencantumkan daftar referensi esai, dapat meletakannya dalam halaman esai yang berbeda.
Peserta wajib memfollow akun twitter @lapmi_lentera.
Peserta melampirkan foto dan scan kartu tanda mahasiswa.
Peserta diwajibkan melampirkan nama lengkap, alamat surat-menyurat, tempat tanggal lahir, alamat Perguruan tinggi, dan nomor telepon/HP yang dapat dihubungi yang dibuat di file terpisah. Esai dikirim ke gitarm2903@yahoo.com.
Dengan mengirimkan esai kepada panitia berarti peserta sudah menyetujui aturan yang ditentukan oleh panitia.
Kegiatan ini diselenggarakan pada 12 April-12 Juni 2013. Naskah diterima paling akhir 12 Juni 2013 Pukul 21.00 WIB
Para pemenang akan mendapatkan:
Juara 1: Uang tunai + Paket 10 Buku + Bukti Terbit+Sertifikat
Juara 2: Uang tunai+ Paket 5 Buku+ Bukti terbit + sertifikat
Juara 3: Uang tunai+ Paket 3 Buku+Bukti terbit+ sertifikat
27 Esai pilihan juri akan mendapat masing-masing sebuah buku terbit.
Mekanisme penilaian menjadi hak mutlak dewan juri
Pengumuman pemenang dan nominator pilihan Juri akan disampaikan pada tanggal 21 Juni 2013 di twitter dan ke nomor masing-masing peserta.
Info lebih lanjut
CP: 08999834889 ( Thaufan-Koordinator Pelaksana)

0 komentar:

Post a Comment